Thursday 31 May 2012

Intel Siapkan Prosesor dengan Core Grafis


Meskipun produk prosesor terbaru dan chipset pendukung Intel mengalami penundaan, tetapi untuk prosesor dengan core grafis di dalam satu unit prosesor tetap sesuai jadwal. Bila tidak ada aral melintang, Intel akan luncurkan prosesor itu tahun ini. Menurut Xbitlabs, seperti dikutip VIVAnews, 19 Januari 2009, informasi tersebut diungkapkan Intel pada sejumlah analis di sebuah conference call yang berlangsung baru-baru ini.

Menjawab pertanyaan Hans Mosesmann, seorang analis dari Raymond James, Stacy Smith, Chief Financial Officer Intel mengatakan bahwa prosesor dengan kode nama Havendale dengan inti grafis terintegrasi untuk komputer desktop dan mobile akan tersedia pada paruh kedua tahun ini.

Prosesor Intel Havendale sendiri merupakan multi chip module (MCM) yang menggunakan soket LGA1160. Prosesor itu terdiri dari dual core CPU berbasis Nehalem dengan tambahan grafis dan memory controller hub (GMCH) yang memiliki fitur kontroler dual kanal memori DDR3, interface PCI Express x16 2.0 untuk menghubungkan grafis tambahan dan juga core grafis yang terintegrasi ke core prosesornya. Diperkirakan, kedua chip di MCM menggunakan proses teknologi 45 nanometer.

Karena jajaran prosesor Havendale memiliki kontroler memori dan interkoneksi PCI Express di dalamnya, maka tidak dibutuhkan lagi chip GMCH atau northbridge pada motherboard. Dengan demikian, prosesor tersebut akan terhubung langsung ke Platform Controller Hub (PCH) dengan code nama Ibexpeak yang fungsinya serupa chip southbridge. Chip ini akan mengontrol harddisk, kontroler jaringan kabel dan nirkabeel, memonitor interface fisik, kontroler PCI, input/output dan juga fitur-fitur lainnya.

Sebelumnya, prosesor Intel yang memiliki core grafis terintegrasi disebutkan akan beredar tahun 2010.

Pada kesempatan yang sama, Paul Otellini, Chief Executive Officer Intel menyebutkan bahwa prosesor Nehalem kan segera mencapai kisaran harga mainstream untuk komputer desktop dan notebook di paruh kedua 2009.

0 comments:

Post a Comment