Thursday 26 April 2012

Kandungan Dalam Alkohol dan Dampaknya



Alkohol bisa berasal dari mana saja, tapi yang paling populer terdapat dalam minuman anggur, bir atau minuman keras lainnya. Ada alasan kenapa minuman alkohol memang harus dijauhi.


Tidak peduli berapa pun usia seseorang, alkohol bisa menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan dan dirinya sendiri. 
Minuman alkohol memang bagus untuk kesehatan misalnya menghangatkan tubuh di udara yang dingin,tak heran orang di barat sering mengkonsumsi minuman ini untuk menghangatkan tubuh mereka, karna suhu udara disana berbeda dengan disini, jadi bila kita mengkonsumsi alkohol di daerah kita ini maka jangan heran kita akan mabuk..

Namun sebenarnya minuman beralkohol baik untuk kesehatan kita. Ya, baik bila dikonsumsi dengan tepat. Lalu, minuman beralkohol mana sajakah yang baik untuk tubuh? Berapa banyak yang boleh dikonsumsi? Yuk kita simak.

WINE
Minuman beralkohol yang satu ini berasal dari buah anggur dan sering menjadi ikon dalam film-film romantis. Dengan limit segelas anggur per hari, Foodlovers dapat memetik sejuta manfaat dari wine. Bagi para wanita, wine dapat menaikkan tingkat estrogen, yang memperlambat kerusakan tulang serta mengurangi resiko mati muda hingga 33%. Sedangkan bagi para pria, wine mampu mengurangi resiko terjadinya kanker prostat. Bagi tubuh kita, wine mampu menghadang penyakit terhadap tubuh kita, smeisal stroke, batu ginjal, jantung korener, diabetes dan kanker saluran pencernaan bagian atas.
WHISKY
Whisky awalnya digunakan untuk ilmu pengobatan pada akhir abad ke-14 dan kemudian disebut sebagai air kehidupan. Satu sloki whisky mengandung asam ellagic yang lebih banyak daripada anggur merah yang berguna untuk mengurangi kanker. Radikal bebasnya mampu mengacaukan susunan DNA sehingga sel kanker pun akan digantikan dengan alami.
BEER
Bir merupakan minuman populer ketiga di dunia setelah air dan teh. Dikonsumsi sejak 5000 tahun lalu, bir terbuat umumnya terbuat dari gandum yang difermentasikan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Sedangkan bir beralkohol rendah dapat digunakan sebagai anti kanker bila diminum secara teratur. Satu setengah gelas bir per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resiko diabetes dan batu ginjal. Selain itu protein di dalam bir mampu melindungi otak atau ancaman Alzheimer dan serangan kanker payudara pada wanita.
VODKA
Minuman ini tampaknya akan menjadi sahabat bagi para wanita. Bagaimana tidak, manfaat yang dimilikinya sebagian dapat mempercantik kulit wajah maupun kepala. Untuk mengecilkan pori-pori dapat membubuhkan vodka pada kapas dan cukup ditepuk-tepuk ke wajah. Sedangkan bagi Foodlovers yang berketombe dapat mencampur beberapa sloki vodka pada botol shampoo Foodlovers. Dan yang terakhir adalah untuk menghaluskan kaki dan tangan Foodlovers sebelum pedicure dan menicure, cukup campurkan vodka ke dalam air hangat dan rendam kaki Foodlovers.


Dan inilah beberapa  Alasan kenapa minuman alkohol layak dijauhi yaitu :

1.Kecanduan
Kecanduan adalah salah satu efek yang paling terlihat jika seseorang menggunakan alkohol dalam jangka waktu panjang. Hal ini berarti seseorang harus minum lebih banyak sebelum mabuk atau agar bisa merasa lebih rileks.

2.Gejala balikan (withdrawal)
Seseorang akan mengalami gejala penarikan (withdrawal) ketika mencoba untuk berhenti minum secara tiba-tiba atau saat bangun keesokan harinya. Gejala ini termasuk merasa cemas, mual, muntah, mudah marah, kehilangan nafsu makan dan perasaan gemetar.

3.Penyakit hati
Menurut University of Maryland Medical Center penggunaan alkohol bisa menyebabkan penyakit hati kronis, seperti fatty liver (lebih dari 90 persen pengguna alkohol), serta hepatitis alkoholik dan sirosis alkohol yang bisa mengakibatkan kegagalan hati.

4.Mengakibatkan kecelakaan
Alkohol akan mengganggu kemampuan seseorang mengemudi dan memperlambat proses berpikir. Gabungan kondisi ini menjadi penyebab seseorang mengalami kecelakaan setelah minum alkohol.

5.Perilaku berbahaya
Alkohol bisa mengurangi kemampuan inhibisi alami seseorang, sehingga orang yang mabuk seringkali melakukan hal-hal berbahaya tanpa disadarinya seperti berhubungan seks tanpa menggunakan kondom atau menyeberang jalan sembarangan.

6.Efek negatif terhadap suatu hubungan
Mengonsumsi alkohol tidak hanya berefek terhadap diri sendiri, tapi juga orang-orang disekitarnya seperti anak-anak. Karenanya kekerasan rumah tangga seringkali terjadi pada orang yang menyalahgunakan alkohol dan anak-anak mungkin menderita trauma jangka panjang akibat kebiasaan minum orangtuanya tersebut.

7.Depresi
Dalam jangka pendek alkohol bisa memberikan efek rileksasi, tapi tanpa disadari alkohol justru memberikan kontribusi terhadap perkembangan depresi. Sekitar 40 persen peminum berat menunjukkan tanda-tanda depresi.

8.Kehilangan pekerjaan
Semakin sering seseorang minum alkohol, maka semakin berkurang pemikirannya tentang tanggung jawab termasuk pekerjaan. Hal ini akan menurunkan produktivitas bekerja dan nantinya berujung pada pengangguran.

9.Memicu masalah hukum
Mengonsumsi alkohol bisa memicu terjadinya masalah hukum, seperti ditangkap akibat perilaku tidak tertib atau mengemudi dibawah pengaruh alkohol.

10.Mengabaikan kebersihan diri sendiri
Seseorang yang mengonsumsi alkohol lama kelamaan akan mengabaikan kebersihan dirinya sendiri, seperti memakai baju yang sama berulang-ulang, jarang mandi atau lupa menyikat gigi. Karena yang ada di dalam pikiran orang tersebut hanyalah alkohol dan berhenti memikirkan hal lainnya.

2 comments:

  1. nice one. izin jadi referensi ya, gan. hehe

    ReplyDelete
  2. izin jadi referensi dan di copy buat tugas ya gan. tq

    ReplyDelete